Bukan berita baru jika media sosial adalah kebutuhan wajib ketika bagi kalian-kalian yang sedang menyusun strategi digital marketing. Melakukan promosi pada masa sekarang sudah berubah budaya dan tren populernya. Dahulu, jika hendak mempromosikan suatu produk atau jasa, kalian harus melalui agensi periklanan atau dengan iklan-iklan baris pada koran. Tapi saat ini, berkat perkembangan dunia digital yang semakin masif, segala bentuk promosi bisa kalian lakukan dengan bantuan internet. Memiliki strategi digital marketing pun menjadi keharusan.

Apalagi dengan kehadiran berbagai macam media sosial, strategi digital marketing pun kini mudah dicanangkan. Media sosial memungkinkan para pemilik lapak untuk bertemu banyak calon pembeli dari berbagai tempat, tanpa batas jarak dan waktu. Meski begitu, tidak semua media sosial memberi performa yang sama. Kalian, sebagai pelaku promosi pun tidak butuh yang terbaik, tapi yang tepat sasaran. Lantas yang menjadi tanya, media sosial manakah yang tepat?

 

Baca juga Belajar Google AdWords: Senjata Iklan yang Ampuh

 

Strategi Digital Marketing dengan INSTAGRAM

Strategi Digital Marketing Instagram

Popularitas dan Relatif Murah

Menjadi media sosial dengan jumlah pengguna aktif terbanyak di seluruh dunia membuat Instagram begitu populer. Instagram juga ramah bagi para pelaku bisnis dan professional yang ingin beriklan secara langsung. Menggunakan layanan Instagram memang tidak memerlukan biaya apapun. Cukup mengunduh aplikasinya, sesuai dengan platform yang digunakan, lalu registrasi akun yang kamu inginkan.

Gratis tentu menjadi pengecualian jika kamu akan melakukan iklan berbayar di Instagram. Tapi tenang, iklan berbayar di Instagram pun murah meriah.

Tersedia Fitur Akun Bisnis

Instagram bisa digunakan bukan hanya untuk akun pribadi saja. Instagram juga dapat mengubah akun-mu menjadi akun bisnis, yang memungkinkan pemilik akun untuk menampilkan contact seperti e-mail, nomor telepon, dan bahkan lokasi toko. Fitur bisnis membuat penjual tidak perlu lagi menuliskan nomer ponsel atau e-mail pada kolom BIO, karena sudah disediakan tempat khusus. Tinggal klik dan temukan!

Fungsi Hastag

Seperti pada media sosial Twitter, Instagram juga dilengkapi dengan sistem pencarian berdasarkan hastag, yang memungkinkan para pelaku bisnis untuk ditemukan oleh para pengguna Instagram lainnya. Sesuai pencarian berdasarkan hastag.

Fitur Insta Story

Instagram adalah media sosial yang multifungsi, dapat berlaku seperti Facebook, pun dapat menyerupai Snapchat. Kehadiran fitur Story pada Instagram dapat membantu para pelaku bisnis ketika mereka ingin melakukan promosi. Akun bisnismu dapat muncul pada home para pengikutmu bila kamu mengunggah suatu snap. Fitur Story juga memiliki fitur slide untuk menuju sebuah tautan website, dan live yang dapat membantumu berkomunikasi langsung dengan klien.

Harus Selalu Update Timeline Secara Teratur

Sejak dikuasai oleh Zuckenberg, Instagram memiliki algoritma yang serupa dengan Facebook, timeline pada Instagram selalu berganti dan berjalan cepat, sesuai dengan aktivitas para penggunanya. Apabila aktif melakukan update pada profil Instagram-mu, akan berdampak pada pengunjung yang semakin ramai mengunjungi halaman profil. Semakin kreatif dan teratur melakukan update, semakin besar kemungkinan para pengguna Instagram lainnya tertarik meliha bisnismu.

Persaingan yang Ketat

Jumlah pengguna yang besar dan popularitas tinggi, tentu membuat banyak pelaku bisnis melihat Instagram sebagai peluang yang menguntungkan. Menggunakan Instagram saja, tanpa strategi khusus dan konsep yang tepat, tidak akan banyak membantu kegiatan promosimu. Halaman profil bisnismu kemudian akan perlahan tenggelam.

Strategi Digital Marketing dengan FACEBOOK

Strategi Digital Marketing dengan Facebook

Banyak Pengguna

Sebagai media sosial yang lebih senior daripada Twitter dan Instagram, Facebook memiliki jumlah pengguna dengan jumlah yang begitu besar, dan tersebar hampir di seluruh belahan dunia. Tentu kondisi tersebut menjadikan Facebook adalah lahan yang menjanjikan ketika ingin melakukan promosi, dan branding.

Tapi sayang, jumlah besar pengguna Facebook tidak selamanya berarti tepat sebagai lahan promosi. Jumlah pengguna aktif Facebook yang tidak sebanding dengan jumlah terdaftar merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan sebelum tancap gas melakukan promosi, dan juga bagaimana demografi pengguna aktif Facebook, dari segi umur, pekerjaan, dan kebiasaan.

Terlihat Lebih Professional

Facebook tepat jika kamu ingin menampilkan kesan professional tentang profil perusahaan atau produkmu. Kehadiran fan page dapat membantu bisnismu berkembang dan dikenal lebih baik. Kamu dapat memperkenalkan produk-produkmu pada halamanĀ fan page dan membuka alternatif kanal komunikasi yang professional dengan calon-calon customer-mu.

Dapat Mengunggah Macam-Macam

Seperti Instagram yang dinilai sebagai media sosial multifungsi, begitu pula Facebook. Mempromosikan jenis-jenis usahamu pada halaman Facebook, selain dapat dengan mengunggah tulisan, juga bisa dengan mengunggah sajian-sajian multimedia seperti video, foto, ataupun animasi bergerak. Bahkan lebih baik daripada Instagram, Facebook dapat menampilkan album foto lebih dari 10 foto, dan video yang berdurasi lebih dari 1 menit.

Strategi Digital Marketing dengan TWITTER

Strategi Digital Marketing dengan Twitter

Interaksi Langsung

Sebab sejak awal kemunculannya memang difokuskan untuk para pengguna yang suka menulis, Twitter merupakan pilihan media berpromosi yang cukup unik. Menggunakan platform Twitter, para pemilik usaha dapat berinteraksi langsung dengan calon-calon customer, atau para netizen.

Mudahnya interaksi bahkan memberi kesempatan bagi brand-brand tertentu untuk menciptakan akun dengan karakter layaknya akun pribadi. Berkomunikasi informal, bercanda, dan akrab dengan setiap pengikutnya.

Keberadaan Hastag

Twitter adalah cikal bakal penggunaan hastag pada media sosial. Sebagai inisiator, tentu Twitter tetap dan menjaga layanan pencarian berdasarkan hastag. Berpromosi pada media sosial Twitter menggunakan hastag yang populer tentu disarankan, dan akan menambah peluang untuk ditemukan oleh banyak pengguna internet lainnya di seluruh dunia.

Timeline Real Time

Berbeda dengan Facebook dan Instagram, Twitter menyajikan para penggunanya timeline sesuai dengan waktu ketika setiap cuitan diunggah. Algoritma timeline Twitter bukan berdasarkan aktivitas dari setiap profil, tapi berdasarkan waktu nyata. Algoritma yang dapat membantu para pelaku promosi lebih mudah untuk menjadwalkan promosi. Seperti misalnya pada saat jam makan siang, atau malam hari.

Tidak Tepat Untuk Promosi dengan Video Durasi Panjang

Twitter bukanlah media yang tepat jika Anda ingin menggunakan video sebagai media promosi. Selain Twitter memiliki regulasi dengan batas waktu singkat untuk setiap video yang diunggah, Twitter memang tidak diperuntukkan untuk para pengguna yang sedang mencari tontonan visual.

 

Strategi Digital Marketing Semua

 

Bagaimana? Setelah mempelajari setiap media sosial yang ada, apakah kamu sudah bisa menentukan kanal promosi yang tepat untuk bisnismu?

Setiap media sosial memang memiliki nilai lebih dan kurangnya masing-masing. Melakukan promosi di media sosial, bukanlah tentang memilih platform mana yang lebih baik atau tidak. Sebab setiap platform kini telah menyajikan penawaran yang saling menyerupai satu sama lain.

Melakukan promosi bisnis di media sosial adalah tentang menggunakan setiap platform dengan tepat. Naya Project dapat membantumu untuk mengelola promosi bisnismu di setiap platform media sosial dengan tepat, Naya Project akan melakukan riset terlebih dahulu tentang produkmu, lalu akan memberikan ide, seperti apa konsep yang tepat untuk memperkenalkan produkmu di setiap platform media sosial. Setelahnya, produkmu akan dikenal sesuai pasar.

Hubungi tim social media marketing Naya Project melalui e-mail info@nayaproject.id untuk memulai diskusi.

 

 

Please follow and like us:

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Google+
https://www.nayaproject.id/strategi-digital-marketing-media-sosial">