Pada masa sekarang, menggunakan social media management untuk menunjang aktivitas digital marketing adalah pilihan pokok. Sebab memasarkan brand pada banyak social media memberi kesempatan berinteraksi semakin banyak, namun pemilik brand juga dituntut efisien dan efektif ketika mengelola seluruh akun media sosialnya. Segala informasi berkenaan dengan promosi produk penting untuk dipublikasikan dengan cepat di seluruh media sosial, tapi terkadang mengelola lebih dari satu social media sudah menyita cukup banyak waktu.

Satu-satunya cara untuk mengelola media sosial secara efektif adalah dengan menggunakan social media management (SMM) yang dapat meningkatkan efisiensi kalian berpromosi. Contohnya, adalah aplikasi-aplikasi berikut.

 

Baca juga Branding Strategy: 8 Langkah Membangun Brand yang Kuat

 

BUFFER Social Media Management

Aplikasi berikut cukup banyak penggunanya di dunia, terutama bagi para pelaku bisnis. Apalagi bagi mereka yang kekurangan banyak waktu untuk mengelola media sosialnya secara manual. Buffer cukup diminati karena memiliki banyak tools yang membantu, seperti content tab agar dapat membantu kamu membagikan konten dengan cepat, memberi laporan statistik tentang audiens social media bisnismu, serta fitur scheduling untuk membantumu menyusun jadwal unggahan, dan mengunggahnya secara otomatis. Sayangnya, sisi negative dari aplikasi ini adalah harganya yang cukup mahal. Buffer menawarkan masa percobaan gratis, namun fitu-fitur yang disajikan jelas terbatas.

Social Media Management Buffer

HOOTSUITE Social Media Management

Hootsuite adalah aplikasi social media manager yang juga populer, dan justru sering disebut-sebut sebagai favorit kebanyakan orang. Cara menggunakan Hootsuite yang mudah menjadi salah satu alasan utamanya. Hootsuite dapat membantumu dalam banyak hal, seperti memperoleh batas rincian tentang platform yang digunakan, membantu untuk mempersingkat tautan, dapat dijalankan pada iOS ataupun Android, memiliki tools scheduling yang menarik, serta dapat mengelola berbagai social media dalam satu tempat saja.

Meski menyajikan kemudahan, Hootsuite yang didirikan pada tahun 2008 juga memiliki kelemahan ketika berbicara harga yang diperlukan untuk mendapatkan layanan analytic dan mempersingkat URL. Mematok harga $48-$50 per satu URL atau sekali penggunaan layanan analytic, Hootsuite dinilai memberi harga terlalu mahal. Hootsuite pun sering dinilai kurang ramah bagi para pengguna Facebook.

Social Media Management Hootsuite

SOCIAL SPROUT Social Media Management

Social Sprout bisa dikatakan cukup spesial karena memiliki fokus pada gagasan bahwa komunikasi serta keterlibatan di antara perusahaan dan pelanggan harus selalu terbuka dan berjalan dengan baik. Keunikan aplikasi Social Sprout antara lain adalah adanya dashboard yang terogranisir sehingga memudahkan pengguna untuk menggunakan aplikasi ini walau pemula sekalipun.

Social Sprout memiliki fitur message yang dapat membantumu menerima pesan dari berbagai platform social media pada satu tempat. Memiliki tools Discovery, Social Sprout juga memungkinkanmu untuk berinteraksi dengan akun-akun yang kamu fikuti. Social Sprout pun menyediakan layanan analytic yang informatif dengan sejumlah diagram, serta memiliki tool reports yang gratis.

Sayang, Social Sprout juga memiliki sisi negatif, tentang akses social media yang masih sedikit (tidak terintegrasi dengan Pinterest dan Instagram). Social Sprout juga kurang ramah bagi para pengguna LinkedIn karena kurangnya akses menuju platform tersebut.

Social Media Management Sprout Social

SOCIALOOMPH Social Media Management

Aplikasi bernama Socialoomph menawarkan berbagai hal menarik yang bisa membantumu meningkatkan starategi pemasaran. SocialOomph mudah sekali digunakan, cukup lakukan verifikasi e-mail dan akun sudah siap digunakan. SocialOomph dapat mengelola akun dan melihat akun-akun yang mengikutimu, menghubungkan kelompok-kelompok saluran, mempersingkat URL, dan menyesuaikan jadwal unggahan. SocialOomph juga ramah bagi pengguna Twitter.

Meski begitu, SocialOomph masih kurang populer bagi para pengguna social media, sebab memiliki kelemahan dalam hal setup dan check-up yang tidak otomatis sehingga memakan banyak waktu.

Social Media Management Socialoomph

EVERY POST Social Media Management

Every Post memang masih terdengar asing, tapi social media manager ini bisa dijadikan pilihan dalam mengelola social media-mu. Berbagai kelebihan ditawarkan oleh Every Post, seperti mengunggah ke berbagai macam media sosial pada satu waktu, tampilan yang bersih dan minimalis, sudah tersedia dalam bentuk mobile apps dan memungkinkan adanya team collaboration.

Hanya saja Every Post belum memiliki social stream yang dapat membantumu melihat kegiatanmu di media sosial secara langsung, tidak menyediakan layanan monitoring dan analytic.

Social Media Management Every Post

OKTOPOST Social Media Management 

Oktopost adalah social media manager yang cocok bagi bisnis kelas kecil sampai menengah. Oktopost memiliki dashboard yang jelas dan mudah untuk di-setting pada awal, system analytic dengan tracking yang baik, tampilan yang sederhana, dan bersih, adanya tools conversion system, serta memiliki konversi pixel sendiri yang memudahkan dalam track Social ROI. Oktopus memiliki harga yang cukup mahal bagi para pelaku bisnis, sekitar $400 per bulan. Oktopost masih belum terintegrasi dengan Pinterest dan Instagram.

Social Media Management Oktopost

 

Bagimana? Aplikasi mana yang tepat untuk mengelola social media bisnismu?

 

 

Please follow and like us:

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Google+
https://www.nayaproject.id/social-media-management-terbaik">