Bagi kalian, para pelaku di bidang hotel marketing, jumlah direct booking yang datang dari halaman website tentu menjadi salah satu perhatian utama. Memang, dengan hadirnya pihak ketiga, seperti Online Travel Agent (OTA) dan sejenisnya, akan membantu hotel marketing. Tetapi aktivitas mereka di tengah-tengah proses pemesanan akomodasi penginapan bukan saja membantu si pemilik fasilitas, tapi kadang juga memberatkan. Meski mendapatkan pengunjung dari bantuan OTA, pemilik fasilitas pun harus berbagi komisi dengan mereka.

Bagi para pemilik usaha penginapan atau akomodasi tentu akan lebih senang bila jasa hotel marketing mereka mendapatkan pengunjung yang datang dari direct booking. Mereka tidak lagi perlu merelakan sebagian pemasukan mereka terbagi dengan pihak ketiga.

Lantas, bagaimana caranya?

 

Baca juga Bisnis Travel: Tips Agar Cepat Mendapatkan Pelanggan

 

Hotel Marketing dengan Website yang Sederhana, Namun Professional

Salah satu penyebab utama mengapa calon penginap lebih senang memesan kamar melalui OTA adalah halaman website resmi yang kompleks dan kurang bersahabat dengan pengguna gadget. Seringkali sebuah hotel atau hospitality management memiliki website dengan tampilan yang bukannya user-friendly, namun justru membingungkan mereka yang berkunjung.

Untuk menarik perhatian para calon penginap, buatlah halaman website sesederhana mungkin, namun tetap juga informatif. Tidak ramai oleh iklan, tampil profesional sebagaimana mestinya. Apabila desain halaman website hotelmu memerlukan penggunaan foto, gunakanlah yang berkualitas baik.

Hotel Marketing Direct Booking Satyam Internasional

 

Sediakan Halaman Website Responsif dan Mobile-Friendly

Memiliki halaman website dengan tampilan sederhana dan informatif bukan hanya berlaku pada layar desktop atau laptop saja. Ingatlah, pada beberapa tahun terakhir orang-orang lebih akrab mengakses informasi dengan telepon genggam daripada gawai lainnya. Menyediakan halaman website responsif dan bersahabat dengan layar ponsel merupakan keharusan, bukan pilihan.

Hotel Marketing Direct Booking Perth's Tiny Tour

 

Lengkapi Halaman Website dengan Booking Engine

Halaman website dengan tampilan menarik seperti apapun akan sia-sia jika tidak menyediakan booking engine. Melengkapi halaman website dengan booking engine akan membantu mereka yang berkunjung ke halamanmu untuk memesan fasilitas penginapan yang kamu sediakan dengan mudah. Menggunakan booking engine bukan saja hanya akan memudahkan calon penginap, tapi juga akan mempermudah pekerjaan tim di meja respsionis.

Mengingat peran besar booking engine terhadap kualitas layanan hotelmu di dunia digital, selalu pastikan halaman websitemu menggunakan booking engine dengan performansi terbaik. Lalu tampilkan pada bagian yang mudah terlihat oleh para pengunjung websitemu.

Hotel Marketing Direct Booking Image Empat

 

Sediakan Informasi Detail Tentang Penginapan

Bagaimana mungkin kita dapat mengajak pengunjung website kita untuk menginap di penginapan kita, jika kita menampilkan hanya informasi sekadar saja. Sediakanlah informasi selengkap-lengkapnya tentang penginapan yang kamu kelola, setiap fasilitas yang dimiliki, dan bagaimana testimonial dari para pengunjung sebelumnya. Menyediakan fungsi rating pun bisa kamu lakukan untuk memberi rasa percaya, aman, dan ketertarikan kepada pengunjung website,

Hotel Marketing Direct Booking Laptop

 

Promosikan Website Melalui Media Sosial, Google AdWords, dan Media Lainnya

Sering calon penginap memilih untuk memesan akomodasi penginapan melalui pihak ketiga, karena mereka belum mengetahui keberadaan website dari penginapan yang akan mereka gunakan. Oleh sebab itu, buatlah halaman website penginapan yang kamu kelola agar terlihat oleh para calon pengunjung. Kamu dapat menggunakan berbagai macam saluran promosi, entah media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, atau memaksimalkan bantuan dari Google AdWords seperti di halaman berikut.

Hotel Marketing Direct Booking Google AdWords

 

Mendapatkan direct booking memang memerlukan strategi bermacam-macam dan usaha yang berkelanjutan. Tapi tentu bukan berarti tidak mungkin, bukan? Sudah siap mengaplikasikan tips-tips di atas?

 

 

Please follow and like us:

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Google+
https://www.nayaproject.id/hotel-marketing-tips-direct-booking">