Desain grafis yang terlihat menarik biasanya akan memperhatikan detail terkecil sekalipun. Tapi, detail bisa menjadi masalah juga bagi para desainer pemula, atau bahkan para non-desainer. Biasanya mereka akan gagal mengikuti gaya atau cara yang dimiliki oleh desainer profesional. Alhasil, desain menjadi tampak kurang profesional dan tidak menarik.

Untungnya, masih ada beberapa trik yang bisa dilakukan oleh para non-desainer untuk menciptakan desain grafis dengan hasil seperti apa yang dilakukan oleh para desainer profesional. Buat kalian semua, para desainer pemula atau non-desainer yang ingin menghasilkan desain grafis berkelas profesional, coba saja tips-tips berikut! Hasilnya pasti ciamik!

 

Baca juga Instagram Feed: 5 Tips Untuk Traveller agar Profil Terlihat Menarik

 

Sketsa Desain Grafis

Menciptakan desain grafis tidak bisa spontan. Harus ada yang diatur dan direncanakan. Maka dari itu, akan lebih baik jika kita membuat sketsa terlebih dahulu, sehingga saat kita dihadapkan para peralatan desain, kita tahu desain seperti apa yang ingin kita buat. Proses pengerjaan pun akan berjalan dengan tujuan jelas.

 

Gunakan Dua Font

Memilih banyak font dan menggunakan semuany dalam satu desain grafis adalah pekerjaan yang tidak pernah habis. Belum lagi akan sulit sekali mencari font-font yang cocok antara satu dengan yang lainnya. Saran kami, pilih hanya dua font saja untuk rencana desain kalian. Satu jenis untuk headline atau judul, dan jenis lainnya untuk teks body. Dari sana, kita bisa menghitung ukuran font judul, yaitu sebesar 2,5 kali dari teks body.

 

Gunakan Garis

Pada desain grafis yang menggunakan banyak tipografi atau teks, kita perlu menambahkan penggunaan garis. Fungsi garis efektif digunakan agar pembaca tidak kehilangan fokus terhadap konten yang akan dibaca. Desain grafis tanpa garis yang bisa membuat pembaca tidak merasa nyaman ketika melihanya.

 

Siapkan Hirarki

Hirarki bukan cuma berlaku di kerajaan atau pemerintah saja. Banyak orang awam yang belum paham bahwa menyusun desain grafis juga memerlukan hirarki. Pada dasarnya hirarki pada desain grafis merupakan penegasan pesan yang penting dan informasi pendukung. Biasanya ditunjukkan dengan ukuran font yang berbeda. Misalkan saja, judul akan lebih besar daripada sub-judul, dan teks pendukung lebih kecil daripada sub-judul. Penerapan hirarki dapat membantu audiens untuk membaca informasi dari yang penting terlebih dahulu, sebelum beralih ke informasi pendukung.

 

Perhatikan White Space

Perilaku yang paling sering dilakukan oleh desainer pemula atau non-desainer adalah ingin memasukan berbagai macam elemen ke dalam desain yang dibuat. Kebiasaan yang pada akhirnya akan menghilangkan white space atau ruang kosong pada desain. Padahal, white space dapat membuat desain bernafas dan audiens akan lebih fokus melihat desain dan informasi yang disajikan. Desain ggrafis yang terlalu padat oleh elemen akan lewat begitu saja di perhatian audiens, sebab terlihat kompleks dan sulit dibaca.

 

Gunakan Ikon

Saat membutuhkan ilustrasi, kita akan memerlukan ikon. Kalian bisa mendaptkan ikon dengan gratis, atau membuatnya dengan ide kreasi sendiri. Dengan menggunakan ikon, kalian akan memberikan sentuhan sederhana untuk desain yang sedang dikerjakan.

 

Gunakan Latar Belakang

Menggunakan latar belakang foto bisa mengalihkan perhatian pembaca dari kesalahan desain yang dibuat. Selain itu, foto juga bisa membantu desain terlihat lebih menarik. Hanya saja, pastikan foto yang digunakan akan sesuai dengan sketsa desain yang sedang dibuat.

 

Gunakan Gaya Sebelumnya

Jika kalian terbiasa mendesain untuk suatu acara, brand, atau perusahaan, kalian akan menemukan sebuah gaya yang menjadi milik kalian sendiri. Kalian bisa menggunakan gaya tersebut lagi, dan lagi untuk desain di masa depan. Dengan menggunakan gaya serupa, audiens akan lebih mudah mengenali desain kalian, dan kalian pun akan lebih efisien dan efektif pada proses pengerjaan. Kalian hanya perlu konsisten pada pilihan font, warna dasar, dan juga ukuran dari elemen-elemen yang digunakan.

 

Desain Grafis: 8 Trik Rahasia Untuk Non-Desainer_Image 2

 

Nah, itu dia tips dan trik dari kami. Bagaimana? Sudah siap menciptakan desain grafis kalian sendiri?

 

 

Please follow and like us:

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Google+
https://www.nayaproject.id/desain-grafis-trik-tips-non-desainer">