Pada kesempatan terbarunya, Cole Schafer, editor One Minute, Please, mengajak kalian melihat beberapa contoh copywriting terbaik yang pernah berkeliaran di segala macam industri.

 

[Artikel berikut pertama kali dipublikasikan oleh Cole Schafer via Medium]

 

Saat ini copywriting begitu dibutuhkan untuk menarik perhatian pelanggan Anda. Tujuan dari copywriting dapat bermacam-macam, mulai dari memperkenalkan produk, mengajak audiens untuk mencoba suatu produk, membuat customer ingin membeli produk, atau tujuan lainnya. Berikut adalah beberapa contoh copywriting yang pernah digunakan oleh sejumlah brand ternama dengan kampanye-kampanye iklan yang selalu menarik

 

Baca juga Social Media Management: Enam Aplikasi Terbaik Untuk Bisnismu

 

Copywriting pada Landing Page dari Basecamp

Contoh Copywriting Basecamp Landing Page

Ada banyak keajaiban pada Landing Page Basecamp. Selain fokus utamanya adalah tentang uang, yang saya suka dari landing page ini adalah keberadaan e-mail opt-in. Apa yang membuatnya menjadi salah satu copywriting terbaik? “Join the 4,008 business that signed up last week (Bergabunglah dengan 4.008 usaha lainnya yang telah bergabung minggu lalu),” menandakan bahwa Anda tidak sendirian, ada banyak orang yang sudah mencoba lebih dulu, dan menyukai produk mereka. “Start a free 30-day trial (Coba selama 30 hari gratis),” pun berarti tidak akan ada resiko jika kita mencoba produk tersebut selama 30 hari.

 

Kampanye “Drink an Orange” dari Albert Lasker

Contoh Copywriting Albert Lasker Sunkist

Sementara pada era sekarang Sunkist adalah brand besar, ada saat dimana mereka memiliki lebih banyak buah jeruk yang sedang tumbuh daripada dikonsumsi oleh pelanggan. Mereka bahkan harus menebang sejumlah pohon jeruknya. Mereka akhirnya memperkerjakan seorang jenius di bidang advertising bernama Albert Lasker, yang memperkenalkan America kepada ide “orange juice.” Dia mematenkan orange juice extractor, dijualnya seharga 10 sen per buah dan penduduk America mulai membeli jeruk dalam jumlah besar. Nama kampanye tersebut? “Drink an orange (minum sebuah jeruk).” Konsep yang sama sekali tidak baru bagi kita sekarang, tetapi begitu ampuh pada masa-masa kebangkitan Sunkist.

 

Kampanye “One Star” dari Snowbird Ski Resort

Contoh Copywriting One Star Snowbird Ski Resort

Minggu lalu, saya sedang berada Salt Lake City, mendapati tubuh saya terguling-guling di lembah Snowbird Ski Resort. Ketika saya di sana, saya sempat jatuh cinta pada billboard mereka. Mereka memilih salah satu ulasan negatif dari salah satu pelanggan mereka, dan mengubahnya menjadi sebuah iklan. Sungguh cerdas, Snowbird. Sungguh cerdas.

 

E-Mail Opt-In pada Halaman The Hustle

Contoh Copywriting The Hustle Opt-In E-Mail

Penilaian saya sedikit bias kali ini, sebab saya pernah bekerja dengan mereka di masa lalu, tetapi The Hustle telah melakukan banyak hal baik dari sudut pandang copy. Favorit saya pribadi adalah halaman e-Mail opt-in mereka —”Your smart, good looking friend that sends you an email each morning with all the tech and business news you need to know for the day. (Temanmu yang cerdas, menarik, dan selalu mengirimkanmu e-Mail dengan segala macam berita terbaru dari dunia teknologi dan bisnis).” Mereka dengan berpengalaman membuat brand yang dapat dipercaya dan terlihat akrab dengan menggunakan kalimat percakapan.

 

Pewarna Rambut Miss Clairol

Contoh Copywriting Pewarna Rambut Miss Clairol

Setiap saat Anda membuat perubahan pada tubuh Anda, Anda ingin orang-orang memperhatikan perubahan tersebut, namun tidak terlalu mencolok, sehingga mereka bertanya apakah perubahan tersebut nyata atau tidak. Anda ingin agar orang-orang memperhatikan sixpack Anda… bukan sedot lemak. Anda ingin agar orang-orang memperhatikan tebalnya rambut Anda… bukan Anda yang menggunakan Rogaine. Kondisi yang sama berlaku ketika seorang wanita baru saja mewarnai rambutnya. Hasil yang dikombinasikan dengan sebuah kerahasiaan bagaimana wanita tersebut berhasil mewarnai rambutnya dapat melahirkan copywriting yang menarik — “Does she… or doesn’t she?

 

Halaman Our Story dari Medium

Contoh Copywriting Medium Our Story

Pada halaman Our Story milik Medium, mereka menampilkan segala hal yang kita benci tentang social platform, mencoret hal-hal tersebut dengan tinta merah dan menuliskan apa saja yang ingin kita lihat. Sederhana, tapi copywriting yang menarik.

 

Landing Page dari Free Trial Squarespace

Contoh Copywriting Squarespace

Semua tentang Squarespace begitu menyenangkan. Semua. Seperti Basecamp, saya sangat menyukai e-Mail opt-in mereka. “Start a free trial (coba dengan gratis),” artinya tidak akan ada resiko untuk Anda jika ingin mencoba. “No credit card required (tidak membutuhkan credit card)” menunjukkan tidak akan ada hal-hal berbelit atau menyusahkan ketika Anda ingin mendaftar.

 

Produk Shave Plan dari Alat Pencukur Harry’s

Contoh Copywriting Shave Plan Harry's

Harry’s merevolusi industri alat cukur menjadi seperti yang kita kenal dekarang dengan memperkenalkan ide yang benar-benar baru— alat pencukur pria dikirimkan tepat ke depan pintu rumahmu. Setiap saat Anda memperkenalkan konsep yang asing kepada pelanggan Anda, Anda harus dapat memberi penjelasan yang baik. Salah satu caranya adalah dengan copy yang sedehana dan ringkas. Hary’s memiliki copywriting yang menarik sebab mereka menyampaikan informasi dengan sederhana. Mereka tidak berbunga-bunga. Mereka tidak berusaha dan menarik perhatian Anda. Mereka hanya menjelaskan apa yang mereka lakukan dengan cara sesederhana mungkin.

 

Desain Packaging dari RX Bar

Contoh Copywriting RX Bar Packaging Design

Seperti Harry’s, RXBAR adalah perusahaan lainnya yang juga memperoleh keuntungan dari bentuk copy yang ringkas dan sederhana. Sebelumnya, packaging protein bar selalu didesain dengan kompleks. Setengah dari bahan-bahan yang Anda baca pada bagian belakang pun susah diucapkan. RXBAR memutuskan untuk membuat bar yang hanya… protein bar. Mereka tetap sederhana dan juga membuat copywriting menarik untuk lebih menonjolkan kesederhanaan tersebut. Bagaimana dengan kalimat penutup mereka? “No B.S. (no bulls**t).”

 

Halaman Our Story Baron Fig

Contoh Copywriting Baron Fig's Our Story Page

Baron Fig merupakan bisnis online kecil yang menjual kerajinan tangan berupa notebook yang unik. Saya mengapresiasi bagaimana mereka bercerita tentang mereka dengan menggunakan humor. “We make tools for thinkers. *If you have thoughts, you’re a thinker. (Kami membuat peralatan untuk kaum pemikir. *Kalau kamu punya pikiran, kamu adalah pemikir).”

 

Copy dari J. Peterman

Contoh Copywriting J. Peterson

Jika Anda belum pernah mendengar tentang J. Peterman, Anda harus berkenalan dengan mereka sekarang. Online store mereka menawarkan sebuah pengalaman yang lain daripada yang lain. Semua pakaian mereka ditampilkan dalam rupa gambar vintage, yang dibandingkan dengan foto produk aktual mereka. Dari 17 brand yang saya sebutkan pada artikel ini, saya pikir apa yang dilakukan oleh J. Peterman adalah yang terbaik dengan mengombinasikan gambar-gambar menarik dengan copywriting yang menggoda dan menjadi satu paket kampanye iklan yang cerdas.

 

Slogan Perusahaan Denim Hiut

Contoh Copywriting Hiut Denim Company

Tidak ada yang menampilkan kesederhanaan seperti slogan dari Hiut — “Do one thing well (Lakukan satu hal dengan baik).” Kami pikir brand denim ini membuktikan bahwa melakukan investasi pada waktu yang hemat dan slogan yang kuat sebanding dengan seluruh uang di dunia.

 

Iklan Vintage Korek Api Lion

Contoh Copywriting Lion Matches

Saya menyukai semua tentang iklan vintage dari Lion Matches. Melalui copywriting yang menarik, mereka mampu memposisikan korek api menjadi barang yang paling bernilai di seluruh dunia. Sesungguhnya, korek api mungkin saja memang produk yang paling bernilai di seluruh dunia?

 

Iklan Universal Barber Shop

Contoh Copywriting Universal Barber Shop

Saya tidak dapat menemukan website resmi dari Universal Barber Shop, tetapi ide kampanye mereka begitu menarik untuk iklan jalanan. Tidak akan terlalu jauh masuk membahasnya terdalam, tapi ini adalah salah satu contoh bagaimana humor dapat membantu penjualan.

 

Copy dari Produk-Produk Aubrey Marcus Collection

Contoh Copywriting Aubrey Marcus

Pengakuan penuh… saya sebenarnya menulis copy dari produk ini untuk Aubrey Marcus Collection. Saya tidak akan menyombongkan diri tentang betapa hebatnya copywriting ini (meskipun saya pikir ini hebat). Tetapi, jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentangnya, hubungi saya di sini. Saya akan dengan senang hati memberi kalian beberapa copy juga.

 

Iklan Corvette Anti-Volvo

Contoh Copywriting Corvette Anti-Volvo

Ini adalah copywriting yang begitu menarik, sebab berupa humor yang memberikan pengingat bagi customer tentang sebuah kenyataan. Pada pandangan pertama, Anda membacanya dan tersenyum. Setelah itu, sebagaimana ia masuk ke dalam sebuah realisasi… Tunggu… Corvette memang benar… mereka tidak menulis lagu tentang Volvo.

 

Cider Jack’s Vintage Ad

Contoh Copywriting Cider Jack

Copywriting ini membuat seluruh tulang-tulang saya bergetar gembira. Ini begitu kuat. Ini lucu. Ini cukup membuat gelisah. Inilah copywriting menarik. Saat menulis, jangan takut untuk sedikit terlihat gelisah dan membingungkan. Iklan seperti di atas dapat menjual banyak produk

 

Baca juga Branding Strategy: 8 Langkah Membangun Brand yang Kuat di Instagram

 

Baiklah, itulah mereka contoh-contoh copywriting terbaik yang saya bisa berikan hari ini. Tapi, jangan sedih. Ini tentu bukan terakhir kalinya saya memberikan contoh-contoh copywriting menarik. Jika kalian ingin saya memberikan kabar kapan saya akan bercerita tentang copywriting kembali… silakan bergabung dengan daftar e-Mail saya di bawah. Atau, jika kalian ingin saya menuliskan copywriting untuk kalian, kirimkan e-Mail di sini.

 

 

Please follow and like us:

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Google+
https://www.nayaproject.id/contoh-copywriting-membuatmu-mencoba">