Bukan berita baru, bisnis travel adalah peluang usaha dengan banyak potensi di dalamnya. Makin banyaknya masyarakat yang ingin berpergian tanpa perlu bersusah payah menyusun itenenary adalah salah satu alasannya. Mereka lebih senang hanya menyiapkan biaya, dan meminta pihak lain untuk merencanakan perjalanan wisata mereka. Apalagi jika mereka bukan sekadar keluarga saja, tapi sebuah kelompok besar. Entah rombongan karyawan, murid-murid sekolah, atau ibu-ibu PKK dari komplek perumahan setempat.

Potensi cerah insdustri travel dan tur wisata tentu membuat banyak orang ingin memulai usaha atau bisnis berupa agen perjalanan. Profit yang menggiurkan, dan kesempatan bertemu orang-orang baru, sambil tetap bisa berjalan-jalan cukup menjadi motivasi tepat untuk memulai bisnis travel. Tapi, yang menjadi pertanyaan utama, bagaimana cara memulai bisnis travel di era digital seperti sekarang?

Tenang, kami punya jawabannya.

 

Baca juga Instagram Feed: 5 Tips Untuk Traveller Agar Profil Terlihat Menarik

 

Menjadi Bisnis Travel yang Hadir Secara Online

Suka tidak suka, mau tidak mau, pada masa sekarang, hal apapun yang tidak kita temukan di dunia internet akan sama saja dengan tidak ada di dunia nyata. Bisnis tur atau travel pun bukan pengecualian. Bahkan tour agency yang sudah beroperasi sejak lama pun akan perlahan “hilang” kalau tidak mencoba hadir di dunia internet.

Menghadirkan bisnis travel-mu secara online akan dapat membantunya ditemukan oleh lebih banyak orang lagi, daripada hanya tampil secara offline. Apabila sudah ditemukan oleh banyak orang, bisnis travel-mu tentu akan memiliki peluang lebih banyak lagi untuk mendapatkan customer.

Siapkan Website atau Platform Khusus

Website adalah salah satu langkah yang bisa kamu pilih untuk menghadirkan bisnis travel-mu secara online. Menginvestasikan modal usahamu untuk menyiapkan satu buah website khusus untuk bisnismu merupakan salah satu langkah terbaik yang dapat kamu pilih. Memiliki website akan sama saja dengan membangun kantor tour agency-mu di dunia internet. Kamu dapat melakukan promosi, transaksi jual beli, dan juga berbagi informasi-informasi menarik tentang perusahaanmu.

Siapkan Akun Media Sosial Untuk Bisnis Travel-mu

Selain memiliki website, menyediakan akun media sosial untuk bisnis travel-mu pun salah satu langkah terbaik untuk menghadapi dunia digital. Bukan berita baru lagi, media sosial adalah dunia yang kaya akan pengguna. Publik di media sosial adalah pasar yang luas, juga potensi emas yang wajib kamu manfaatkan.

Tour agency yang konvensional, hanya mengandalkan cara tradisional, tentu akan sulit berkembang di tengah-tengah keganasan arus perkembangan teknologi digital. Memaksimalkan penggunaan media sosial, seperti sering mengunggah foto-foto atau video yang informatif serta kreatif secara rutin akan meningkatkan peluang agensi tur-mu memperoleh customer lebih banyak lagi.

Selalu Kelola Rutin Bisnis Travel Kalian di Dunia Internet

Apabila bisnis travel-mu sudah memiliki website dan akun media sosial, bukan berarti pekerjaanmu sudah selesai. Memiliki website dan media sosial sama saja dengan memiliki kantor atau toko di dunia internet. Memiliki kantor saja tentu tidak akan banyak membantumu mendapatkan customer dan keuntungan. Mengelolanya dengan rutin adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan. Mengelola seperti menyajikan konten-konten menarik, berkomunikasi dengan pengguna internet lainnya, melalukan promosi, atau hal-hal kreatif lainnya.

Berkolaborasi dengan Content Creator atau Traveler

Mengelola website dan akun media sosial bisnismu memang terlihat seperti pekerjaan yang ringan-ringan saja, tapi sayangnya justru pekerjaan yang berat. Mengelola website dan akun media sosial memerlukan konten yang menarik dan unik, dan kolaborasi dengan content creator atau traveler bisa menjadi alternatif solusi. Dengan kolaborasi kamu dapat meningkatkan aktivitas agensi tur-mu di dunia digital, tanpa harus susah-susah memikirkan ide dan konsep sendirian.

Berkonsultasi dengan Marketing Consultant

Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah konsultasi. Kamu bisa mencari mentor atau konsultan yang lebih berpengalaman agar terhindar dari kesalahan-kesalahan dan masalah sepele. Marketing consultant bukan hanya membantu mereka yang baru di industri tur dan travel, tapi juga untuk mereka yang masih baru di dunia digital.

Kalau sudah berbekal pengalaman di bidang tur dan travel, ditambah lagi dengan pengalaman di dunia digital, senjatamu tentu sudah lengkap untuk berbisnis travel dan perjalanan wisata di era digital.

 

Bisnis Travel Tips Mendapatkan Pelanggan Image

 

Itulah beberapa tips dari kami, untuk kalian yang ingin memulai bisnis travel di era digital. Kalau kalian masih punya banyak pertanyaan dan kendala, hubungi saja tim NAYA PROJECT di info@nayaproject.id, kalian pasti akan mendapatkan lebih banyak lagi tips-tips terbaik untuk memulai bisnis di dunia digital.

 

 

Please follow and like us:

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Google+
https://www.nayaproject.id/bisnis-travel-tips-mendapatkan-pelanggan">